Belajar Python #1 (Menukar Bilangan)

Hallo teman-teman, balik lagi di blog gua. Kali ini kita akan belajar bahasa python menggunakan Anaconda Navigator, bagi yang belum tau akan gua kasih tau disini:

Python adalah bahasa pemrograman interprtatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar. (Wikipedia)

Anaconda Navigator adalah adalah aplikasi dekstop GUI yang berada di dalam paket instalasi Anaconda. Melalui Anaconda Navigator, programmer dapat dengan mudah menjalankan dan mengelola paket Conda, environment dan kanal tanpa perlu menggunakan perintah command prompt. Anaconda Navigator dapat mencari  paket – paket pada repositori cloud anaconda.

Itu adalah penjelasan dari masing masing bagian yang akan kita pelajari saat ini dan seterusnya. Tanpa berlama-lama lagi kita akan langsung saja belajar bahasa python menggunakan Anaconda Navigator. kita akan membuat program "Menukar Bilangan" menggunakan python. Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini

Langkah Pertama Adalah Buka Aplikasi Anaconda Terlebih Dahulu, maka akan tampil gambar seperti ini

  
Langkah Selanjutnya pilih Jupyter Notebook, dan klik Launch. Seperti yang gua tandai dibawah ini:


Seteluh itu kalian tunggu beberapa saat sampai muncul di tampilang browser kalian. Setelah muncul pada tampilan browser  kalian, kalian pilih new - phython 3



 Setelah muncul di tab baru, kita bisa buat program disitu, ketik saja program seperti dibawah sini



Setelah dirasa cukup dan benar, kalian bisa klik tombol Run diatas. Maka akan muncul hasil seperti ini



Nah, mudah bukan?

Kalian bisa mencobanya sendiri di Laptop/Komputer kalian sendiri. Selamat mencoba 

Kalian Bisa Liat Tutorialnya Disini
Kalian Bisa Liat Codingnya Disini

Komentar